Donderdag 17 April 2014

NARKOBA DAN BAHAN-BAHANNYA





Narkoba adalah akronim dari NARkotika PsiKOtropika bahan adiktif lainnya. Menurut WHO (1969), yang dimaksud dengan narkoba adalah setiap saat yang apabila masuk kedalam tubuh makluk hidup, akan menyebabkan perubahan kedalam tubuh makluk hidup, akan menyebabkan perubahan baik secara fisik maupun psikologis. Narkoba adalah zat yang mampu mengubah pikiran, perasaan, fungsi mental dan perilaku sesorang.
Narkotika adalah zat atau obat baik yang berasal dari tanaman maupun bukan tanaman, serta sintesis maupun semi sintesis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, sampai menghilangkan  nyeri dan menimbulkan ketergantungan atau kecanduan, yang digolongkan narkotika menurut UU no. 22 tahun 1997 adalah opioda (opium, heroin/putauw, morfin, codein, metadon, petidin) cannabis (ganja, mariyuana, hashis, dan kokain.
Psikotropika adalah zat atau obat alamiah maupun sintesis bukan narkotika yang berkasiat melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dal perilaku. Di dalam UU psikotropika No. 5 tahun 1997 yang termasuk psikotropika adalah : amphetamine (sabu, acstasy, inex) LSD (lysergic Dietylamine), benzodiazepine (diazepam, mogadon, pilkoplo, lexotan, klobazam, valium).
Bahan adiktif adalah : zat atau bahan yang tidak termasuk kedalam golongan narkotika atau psikotropika, tetapi menimbulkan ketergantungan antara lain seperti alkohol, tembakau, kafein, sedatif hipnoik, halusinogen (LSD, jamur tahi sapi) dan inhalansia (lem, bensin, aseton, pengharum ruangan dan lain.
Penyebab seseorang mengonsumsi narkoba biasanya adalah karena ingin tahu, coba-coba, ingin dianggap dewasa/hebat, ingin diterima dalam pergaulan, kenikmatan, tidak bisa tidur, frustrasi dan karena gelisah/cemas. Dapat juga karena dipengaruhi teman, misalnya dibujuk, ditekan, atau dijebak. Selain itu, kondisi keluarga yang kurang harmonis dan kurang mendapat perhatiaan orang tua juga tak kalah pentingnya sebagai pendorong masuk ke 'Dalam NARkoba'.

                                    Written by :Uwigubuy Marchello Yogi
(sumber : Anakku, Jauhi Narkoba! Hal.10 - 11)

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking